BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Balakang
Hadis,
sebagaimana yang diketahui diriwayatkan oleh beberapa orang periwayat, kualitas
sebuah hadis sangat erat kaitannya dengan keadaan periwayat, dengan melakukan
pen-takhrij-an maka bisa diketahui bagaiman kualitas sebuah hadis.
Disamping
menambah wawasan, dengan metode takhrij hadis bisa diketahui hadis-hadis yang
berkualitas shahih dan atau yang lainnya.
B. Rumusan
Masalah
Penulis
mentakhrij sebuah hadis yang ada dalam kitab arba’in an-nawawiyyah dengan
cara mencari kitab-kitab klasik yang berhubungan dengan hadis nabi yang penulis
perlukan sampai pada akhirnya menemukan di kitab-kitab mana saja ditemukannya
hadis tersebut dan apa kualitasnya.
C. Tujuan
Penulis
melakukan pen-takhrij-an ini dengan tujuan agar penulis mengetahui kualitas
hadis yang penulis teliti dan siapa-siapa saja periwayat hadis tersebut serta
dalam kitab apa saja hadis tersebu ditemukan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Takhrij
1. Secara Etimologi
Menurut bahasa takhrij merupakan bentuk masdar dari kata kharraja dengan menambah satu
huruf sejenis daripada a’in fi’ilnya. Dalam ilmu sharaf di kenal dengan
istilah tsulatsiy mazid biharfin wahid (fi’il yang ditambah satu huruf
dari huruf-huruf aslinya).
Dalam kitab matnul bina-i wal asas wazan
atau timbangan ini disebut dengan bab al-taf’il (bab ke-2 dari 3 bab
yang mendapat satu huruf tambahan).
Dalam kamus kontemporer penulis menemukan makna
kata kharraja bermakna mengeluarkan.
2. Secara Terminologi
Menurut istilah takhrij memiliki makna
mengelurkan sesuatu dari tempat aslinya. Jadi, takhrij hadis adalah
mengeluarkan hadis dari kitab-kitab asli yang memuat hadis tersebut tanpa
mengurangi hadis yang ada dalam kitab aslinya.
B. Metode
Takhrij
1. Takhrij dengan cara mengetahui hadist dari
sahabat.
2. Takhrij dengan cara mengetahui permulaan lafaz
dari hadist.
3. Takhrij dengan cara mengetahui kata yang jarang
penggunaanya oleh orang dari bagian mana saja di matan hadist.
4. Tahkrij dengan cara mengetahui topik pembahasan
hadist.
C. Laporan
tentang Hadis yang di Takhrij
Penulis
meneliti (men-takhrij) sebuah hadis yang berlafaz:
إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ
أَرْبَعِيْنَ يَوْماً نُطْفَةً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ
يُرْسَلُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ فَيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ
كَلِمَاتٍ: بِكَتْبِ رِزْقِهِ وَأَجَلِهِ وَعَمَلِهِ وَشَقِيٌّ أَوْ سَعِيْدٌ.فَوَ
اللهِ الَّذِي لاَ إِلَهَ غَيْرُهُ إِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ
الْجَنَّةِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ
عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُهَا، وَإِنَّ
أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ
وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ
أَهْلِ الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُهَا.
Matan
hadis di atas penulis temukan dalam sebuah kitab hadis dengan kriteria sebagai
berikut:
1. Judul Buku :
متن الأربعين النووية فى
الأحاديث الصحيحة النبوية
2. Pengarang :
امام يحي بن شرف
الدين النووي
3. Penerbit : مكتبة الحكمة
4. Tempat Terbit :
Surabaya
5. Urutan Hadis : الحديث الرابع
6. Halaman :
9 (sembilan)
Setelah
penulis berikan teks hadis tersebut yang di tulis dengan tulisan tangan, maka
melalui koordinator mata kuliah penulis melaporkan hadis yang akan penulis
takhrij kepada dosen pembimbing.
Ternyata,
pada saat kuliah ulumul hadis, dosen pembimbing mulai membuka perintah kepada
kami untuk mentakhrij hadis-hadis yang sudah dilaporkan tersebut. Tapi, mujua
tak dapek diraiah, malang tak dapek di tulak berkebetulan pada saat itu
penulis tidak masuk dan pulang kampung dikerenakan sakit, tetapi berkat
pertolongan Allah dan bantuan informasi dari teman-teman penulis bisa
menyesuaikan pengetahuan-pengetahuan yang diberikan oleh pembimbing tentang
takhrij hadis tersebut.
Adapun
kitab-kitab yang dibutuhkan dalam pen-takhrij-an ini adalah sebagai berikut:
1. الجامع
الصغير في احاديث البشير و النذير
Penulis
menemukan hadis tersebut pada halaman 133 pada urutan hadis ke-2179 dengan
redaksi yang berbeda dengan mencari kalimat pertama dari hadis tersebut yaitu ان .
Dalam
kitab الجامع الصغير في احاديث البشير و النذير penulis menemukan redaksi hadis sebagai
berikut:
إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ
أَرْبَعِيْنَ يَوْماً نُطْفَةً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يبعث
الله إِلَيْهِ ملكا ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ, و يقال له:
اكتب عمله و رزقه و اجله و شقي او سعيد, ثم يَنْفُخُ فِيْهِ
الرُّوْحَ, فإن الرجل منكم لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ حَتَّى
مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ
فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُ النار، وَإِنَّ أالرجل
لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا
إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُ الجنة. (ق4) عن ابن مسعود (صحـــ)
Dalam
redaksi hadis diatas bisa penulis kesimpulan, bahwa dalam hadis diatas ada
penambahan atau penggantian teks hadis, seperti teks hadis yang bergaris bawah,
dan ada juga pengurangan teks, seperti:
فَوَ اللهِ الَّذِي لاَ إِلَهَ غَيْرُهُ
Dan ada
juga pergeseran letak teks hadis, seperti:
خلق, dan ينفخ فيه الروح.
Dalam
kitab ini juga penulis menemukan kualitas hadis yang penulis teliti yaitu sahih
(صحــ)
2. المعجم
المفهرس لألفاظ الحديث النبوي
Dalam
menggunakan kitab tersebut penulis mencari akar kata بطن dan penulis temukan
pada halaman 192 dengan teks sebagai berikut:
و ان خلق احدكم يجمع في بطن امه
اربعين يوما
خ انبياء 1, بدء الخلق 6,
قدر 1, توحيد 28,,
م قدر 1,, د سنة 16,, ت
قدر4,, جه مقدمة 16
Maksudnya
adalah hadis yang berlafaz sebagaimana tersebut diatas berada dalam kitab
Bukhari (خ) , pada bab انبياء (tetapi penulis hanya menemukan bab dengan
penambahan احاديث), pada urutan hadis ke-1,
pada bab بدء الخلق pada urutan hadis ke-6,
pada bab قدر
pada urutan hadis ke-1, dan pada bab توحيد pada urutan hadis ke-28. Selanjutnya dalam kitab Muslim (م) pada bab قدر pada
urutan hadis ke-1, selanjutnya dalam kitab Abu Daud (د) pada bab سنة pada urutan hadis 16, selanjutnya dalam
kitab Tirmidzi (ت) pada bab قدر pada urutan hadis ke-4, selanjutnya dalam kitab Ibn Majah (جه) pada
bab مقدمة
pada urutan hadis ke-16.
3. صحيح
البخاري
Dalam
kitab ini penulis menemukan hadis yang penulis teliti pada halaman 608 pada no
hadis 3332 dengan redaksi hadis sebagai berikut:
إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ
أَرْبَعِيْنَ يَوْماً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يبعث
الله إِلَيْهِ ملكا ، بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ, فيكتب عمله و اجله و رزقه و شقي او سعيد, ثم يَنْفُخُ
فِيْهِ الرُّوْحَ, فإن الرجل لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا
يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ
فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ
فَيَدْخُلُ الجنة., وَإِنَّ أالرجل لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ
حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ
الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُ النار.[طرفه في 3208].
Dengan
silsilah rawi sebagai berikut:
رسول
الله
عبد الله
زيد بن
وهب
الأعمش
ابو حفص
عمر بن
حفص
البخاري
4. صحيح
البخاري
Penulis menemukan
hadis yang penulis teliti dalam kitab ini pada halaman 590 pada nomor hadis
ke-3208 dengan redaksi sebagai berikut:
إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ
أَرْبَعِيْنَ يَوْماً ، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يبعث
الله إِلَيْهِ ملكا ،فَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ, و يقال له: اكتب عمله و
رزقه و اجله و شقي او سعيد, ثم يَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ, فإن الرجل منكم لَيَعْمَلُ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ
وَبَيْنَ الجنة إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ ْكِتَابُه فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ
أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُ النار، وَإِنَّ أالرجل لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ
النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ
عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ
الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُ الجنة.
Dengan silsilah rawi sebagai berikut:
رسول
الله
عبد الله
زيد بن
وهب
الأعمش
ابو
الأحوص
الحسن بن
الربيع
البخاري
5. البخاري
Penulis
menemukan hadis yang penulis teliti dalam kitab ini pada halaman 162 dengan no
hadis ke-6594, dengan redaksi hadis sebagai berikut:
إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ
أَرْبَعِيْنَ يَوْماً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يبعث
الله إِلَيْهِ ملكا فيؤمر بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ, برزقه و اجله و شقي او سعيد,فو الله
إن احدكم او الرجل يَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ
بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا غير باع او ذِرَاع فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ
فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ
فَيَدْخُلُها., وَإِنَّ أالرجل لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ
حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ او ذراعين فَيَسْبِقُ
عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُها. قال ادام:
الا ذراع. [الحديث 6594-طرفه في 3208].
Dengan
silsilah rawi sebagai berikut:
رسول
الله
عبد الله
زيد بن
وهب
سليمان
الأعمش
شعبة
ابو
الوليد هشام بن عبد الملك
البخاري
6. صحيح
البخاري
Penulis
menemukan hadis yang penulis teliti dalam kitab ini pada halaman 1348 pada
nomor hadis ke-7454, dengan redaksi sebagai berikut:
إِنَّ خلق أَحَدكُمْ يُجْمَعُ فِي
بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً و اربعين ليلة، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً
مِثْلَه، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَه، ثُمَّ يبعث إِلَيْهِ الملك فيؤذن
بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ, فيكتب:رزقه
و اجله و عمله و شقي ام سعيد,ثم ينفخ فيه الروح فإن احدكم ليَعْمَلُ
بِعَمَلِ أَهْلِ الجنة حَتَّى لا يَكُوْنُ بَيْنَهَا وبَيْنَهُ الا ذِرَاع
فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النار فَيَدْخُلُ النار., وَإِنَّ احدكم لَيَعْمَلُ
بِعَمَلِ أَهْلِ الْنار حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهَا وَ بَيْنَهُ إِلاَّ ذِرَاعٌ
ن فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الجنة فَيَدْخُلُها.
[طرفه في : 3208].
Dengan silsilah rawi sebagai berikut:
رسول
الله
عبد الله
بن مسعود
زيد بن
وهب
الأعمش
شعبة
ادم
البخاري
7. صحيح
مسلم
Penulis
menemukan hadis yang penulis teliti dalam kitab ini pada halaman 662 dengan
nomor hadis ke-2643, dengan redaksi sebagai berikut:
إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ
أَرْبَعِيْنَ يَوْماً ، ثُمَّ يَكُوْنُ في ذلك عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ في ذلك مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ،
ثُمَّ يرسل الملك فيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ ،وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ, بكتب
رزقه و اجله وعمله و شقي او سعيد,فو الذي لا اله غيره إن احدكم لَيَعْمَلُ بعمل اهل الجنة حَتَّى مَا يَكُوْنُ
بَيْنَهُ وَبَيْنَها إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ ْالكِتَاب فَيَعْمَلُ
بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُها، وَإِنَّ احدكم لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ
النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ
الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ
الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُها.
Dengan silsilah rawi sebagai berikut:
رسول
الله
عبد الله
زيد بن
وهب
الأعمش
وكيع
ابو
معاوية
ابو عبد
الله
محمد بن
عبد الله بن نمير الهمداني
وكيع
ابو
معاوية
ابو بكر بن
ابي شيبة
المسلم
8. سنن ابي
داود
Penulis
menemukan hadis yang penulis teliti dalam kitab ini pada السنة pada nomor hadis
ke-4708 pada halaman 741. Dengan redaksi sebagai berikut:
ان خلق
احدكم يجمع في بطن امه اربعين يوما ثم يكون علقة مثل ذلك ثم يكون مضغة مثل ذلك ثم
يبعث الله الينا ملكا فيؤمر بأربع كلمات: فيكتب رزقه اجله
عمله ثم يكتب شقي او سعيد ثم ينفخ
فيه الروح فاءن احدكم ليعمل بعمل اهل الجنة
حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَها إِلاَّ ذِرَاعٌ
–او قيد ذراع-فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ ْالكِتَاب فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ
فَيَدْخُلُها، وَإِنَّ احدكم لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا
يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ
فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ
فَيَدْخُلُها.
Dengan silsilah rawi sebagai berikut:
رسول
الله
عبد الله
بن مسعود
زيد بن
وهب
الأعمش
سفيان
محمد بن
كثير
شعبة
حفص بن
عمر النمري
ابو داود
9. سنن
الترمذي
Penulis
menemukan hadis yang penulis teliti dalam kitab ini, pada القدر pada halaman 53
pada nomor hadis ke-2144. Dengan redaksi sebagai berkut:
إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ
أَرْبَعِيْنَ يَوْماً ، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يرسل الله
اليه الملك فيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ ،وَيُؤْمَرُ
بِأَرْبَعِ يكتب رزقه و اجله وعمله و شقي او سعيد,فو الذي لا اله غيره إن احدكم لَيَعْمَلُ بعمل اهل الجنة حَتَّى مَا يَكُوْنُ
بَيْنَهُ وَبَيْنَها إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ ْالكِتَاب فَيَختم له بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُها، وَإِنَّ
احدكم لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ
وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَختمُ له بِعَمَلِ
أَهْلِ الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُها.
Dengan silsilah rawi sebagai berikut:
رسول
الله
عبد الله
بن مسعود
زيد بن
وهب
الأعمش
ابو معاوية
هناد
الترميذي
10. سنن ابن
ماجة
Penulis menemukan hadis yang penulis teliti
dalam kitab ini pada halaman 29 pada nomor hadis ke-76 pada المقدمة.
Dengan
redaksi hadis sebagai berikut:
يُجْمَعُ خَلْقُهُ احدكم فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً ، ثُمَّ
يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ
مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يبعث الله إِلَيْهِ الملك ،فَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ
كَلِمَاتٍ,فيقول : اكتب عمله و رزقه و اجله و شقي او سعيد, فو الذي نفسي بيده إن احدكم
لَيَعْمَلُ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ
وَبَيْنَ الجنة إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ ْالكِتَابُ فَيَعْمَلُ
بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُها وَإِنَّ احدكم لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ
النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ
عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ
الْجَنَّةِ فَيَدْخُلها.
Dengan
silsilah rawi sebagai berikut:
رسول
الله
عبد الله
بن مسعود
زيد بن
وهب
الأعمش
محمد بن عبيد
ابو معاوية
علي بن ميمون الرقي
ابو
معاوية
محمد بن
فضيل
وكيع
علي بن محمد
ابن ماجة
Penulis
hanya menemukan hadis dengan derjat mutawatir ma’nawi ini hanya dalam
kitab—kitab ini, sesuai intruksi dari kitab panduan penulis yang nomor dua.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Redaksi
hadis yang penulis teliti ini penulis temukan dalam kitab hadis yang dijadikan
kitab standar pelajaran pada mata pelajaran hadis di MTsS YPP Al-Barkah Gn. Tua.
Redaksi
hadis tersebut penulis temukan dalam kitab-kitab shahih bukhari pada empat bab,
pada kitab shahih muslim satu bab, pada kitab sunan abu daud satu bab, tirmidzi
satu bab dan ibn majah satu bab.
Berdasarkan
keterangan yang penulis temukan dalam kitab jami’ as-shaghir, derjat hadis ini
adalah shahih.
B. Saran
Penulis
menyadari bahwa dalam penulis ini, masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu
penulis mengharapkan kritik dan saran dari bebagai pihak demi untuk lebih
baiknya pada masa mendatang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar