Rabu, 31 Desember 2014

contoh laporan takhrij hadis



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Balakang
Hadis, sebagaimana yang diketahui diriwayatkan oleh beberapa orang periwayat, kualitas sebuah hadis sangat erat kaitannya dengan keadaan periwayat, dengan melakukan pen-takhrij-an maka bisa diketahui bagaiman kualitas sebuah hadis.
Disamping menambah wawasan, dengan metode takhrij hadis bisa diketahui hadis-hadis yang berkualitas shahih dan atau yang lainnya.
B.     Rumusan Masalah
Penulis mentakhrij sebuah hadis yang ada dalam kitab arba’in an-nawawiyyah dengan cara mencari kitab-kitab klasik yang berhubungan dengan hadis nabi yang penulis perlukan sampai pada akhirnya menemukan di kitab-kitab mana saja ditemukannya hadis tersebut dan apa kualitasnya.
C.    Tujuan
Penulis melakukan pen-takhrij-an ini dengan tujuan agar penulis mengetahui kualitas hadis yang penulis teliti dan siapa-siapa saja periwayat hadis tersebut serta dalam kitab apa saja hadis tersebu ditemukan.










BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Takhrij
1.      Secara Etimologi
Menurut bahasa takhrij merupakan bentuk masdar dari kata kharraja dengan menambah satu huruf sejenis daripada a’in fi’ilnya. Dalam ilmu sharaf di kenal dengan istilah tsulatsiy mazid biharfin wahid (fi’il yang ditambah satu huruf dari huruf-huruf aslinya).
Dalam kitab matnul bina-i wal asas ­wazan atau timbangan ini disebut dengan bab al-taf’il (bab ke-2 dari 3 bab yang mendapat satu huruf tambahan).
Dalam kamus kontemporer penulis menemukan makna kata kharraja bermakna mengeluarkan.

2.      Secara Terminologi
Menurut istilah takhrij memiliki makna mengelurkan sesuatu dari tempat aslinya. Jadi, takhrij hadis adalah mengeluarkan hadis dari kitab-kitab asli yang memuat hadis tersebut tanpa mengurangi hadis yang ada dalam kitab aslinya.

B.     Metode Takhrij
1.      Takhrij dengan cara mengetahui hadist dari sahabat.
2.      Takhrij dengan cara mengetahui permulaan lafaz dari hadist.
3.      Takhrij dengan cara mengetahui kata yang jarang penggunaanya oleh orang dari bagian mana saja di matan hadist.
4.      Tahkrij dengan cara mengetahui topik pembahasan hadist.

C.    Laporan tentang Hadis yang di Takhrij
Penulis meneliti (men-takhrij) sebuah hadis yang berlafaz:
إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً نُطْفَةً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ فَيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ: بِكَتْبِ رِزْقِهِ وَأَجَلِهِ وَعَمَلِهِ وَشَقِيٌّ أَوْ سَعِيْدٌ.فَوَ اللهِ الَّذِي لاَ إِلَهَ غَيْرُهُ إِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُهَا، وَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ  الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُهَا.
            Matan hadis di atas penulis temukan dalam sebuah kitab hadis dengan kriteria sebagai berikut:
1.      Judul Buku      :                                   متن الأربعين النووية فى الأحاديث الصحيحة النبوية
2.      Pengarang       :                                                    امام يحي بن شرف الدين النووي              
3.      Penerbit           :                                                                              مكتبة الحكمة
4.      Tempat Terbit  : Surabaya                  
5.      Urutan Hadis  :                                                                             الحديث الرابع
6.      Halaman          : 9 (sembilan)

Setelah penulis berikan teks hadis tersebut yang di tulis dengan tulisan tangan, maka melalui koordinator mata kuliah penulis melaporkan hadis yang akan penulis takhrij kepada dosen pembimbing.
Ternyata, pada saat kuliah ulumul hadis, dosen pembimbing mulai membuka perintah kepada kami untuk mentakhrij hadis-hadis yang sudah dilaporkan tersebut. Tapi, mujua tak dapek diraiah, malang tak dapek di tulak berkebetulan pada saat itu penulis tidak masuk dan pulang kampung dikerenakan sakit, tetapi berkat pertolongan Allah dan bantuan informasi dari teman-teman penulis bisa menyesuaikan pengetahuan-pengetahuan yang diberikan oleh pembimbing tentang takhrij hadis tersebut.
Adapun kitab-kitab yang dibutuhkan dalam pen-takhrij-an ini adalah sebagai berikut:
1.       الجامع الصغير في احاديث البشير و النذير
Penulis menemukan hadis tersebut pada halaman 133 pada urutan hadis ke-2179 dengan redaksi yang berbeda dengan mencari kalimat pertama dari hadis tersebut yaitu ان  .
Dalam kitab الجامع الصغير في احاديث البشير و النذير penulis menemukan redaksi hadis sebagai berikut:
إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً نُطْفَةً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يبعث الله إِلَيْهِ ملكا ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ, و يقال له: اكتب عمله و رزقه و اجله و شقي او سعيد, ثم يَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ, فإن الرجل منكم  لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُ النار، وَإِنَّ أالرجل لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ  الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُ الجنة. (ق4) عن ابن مسعود (صحـــ)
Dalam redaksi hadis diatas bisa penulis kesimpulan, bahwa dalam hadis diatas ada penambahan atau penggantian teks hadis, seperti teks hadis yang bergaris bawah, dan ada juga pengurangan teks, seperti:
 فَوَ اللهِ الَّذِي لاَ إِلَهَ غَيْرُهُ
Dan ada juga pergeseran letak teks hadis, seperti:
خلق, dan  ينفخ فيه الروح.

Dalam kitab ini juga penulis menemukan kualitas hadis yang penulis teliti yaitu sahih (صحــ)
2.                                            المعجم المفهرس لألفاظ الحديث النبوي
Dalam menggunakan kitab tersebut penulis mencari akar kata بطن dan penulis     temukan pada halaman 192 dengan teks sebagai berikut:
            و ان خلق احدكم يجمع في بطن امه اربعين يوما
                        خ انبياء 1, بدء الخلق 6, قدر 1, توحيد 28,,
                        م قدر 1,, د سنة 16,, ت قدر4,, جه مقدمة 16 
Maksudnya adalah hadis yang berlafaz sebagaimana tersebut diatas berada dalam kitab Bukhari (خ) , pada bab انبياء (tetapi penulis hanya menemukan bab dengan penambahan احاديث), pada urutan hadis ke-1, pada bab بدء الخلق  pada urutan hadis ke-6, pada bab قدر pada urutan hadis ke-1, dan pada bab توحيد pada urutan hadis ke-28. Selanjutnya dalam kitab Muslim (م) pada bab قدر pada urutan hadis ke-1, selanjutnya dalam kitab Abu Daud (د) pada bab سنة pada urutan hadis 16, selanjutnya dalam kitab Tirmidzi (ت) pada bab قدر pada urutan hadis ke-4, selanjutnya dalam kitab Ibn Majah (جه) pada bab مقدمة pada urutan hadis ke-16.
3.      صحيح البخاري
Dalam kitab ini penulis menemukan hadis yang penulis teliti pada halaman 608 pada no hadis 3332 dengan redaksi hadis sebagai berikut:
إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يبعث الله إِلَيْهِ ملكا ، بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ, فيكتب عمله و اجله و رزقه و شقي او سعيد, ثم يَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ, فإن الرجل لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ  الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُ الجنة., وَإِنَّ أالرجل لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُ النار.[طرفه في 3208].
Dengan silsilah rawi sebagai berikut:
رسول الله

عبد الله

زيد بن وهب

الأعمش

ابو حفص

عمر بن حفص

البخاري
4.      صحيح البخاري
Penulis menemukan hadis yang penulis teliti dalam kitab ini pada halaman 590 pada nomor hadis ke-3208 dengan redaksi sebagai berikut:
إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً ، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يبعث الله إِلَيْهِ ملكا ،فَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ, و يقال له: اكتب عمله و رزقه و اجله و شقي او سعيد, ثم يَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ, فإن الرجل منكم  لَيَعْمَلُ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الجنة إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ ْكِتَابُه فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُ النار، وَإِنَّ أالرجل لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ  الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُ الجنة.
Dengan silsilah rawi sebagai berikut:
رسول الله
 

عبد الله

زيد بن وهب

الأعمش

ابو الأحوص
 


الحسن بن الربيع

البخاري

5.      البخاري
Penulis menemukan hadis yang penulis teliti dalam kitab ini pada halaman 162 dengan no hadis ke-6594, dengan redaksi hadis sebagai berikut:
إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يبعث الله إِلَيْهِ ملكا فيؤمر بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ, برزقه و اجله و شقي او سعيد,فو الله إن احدكم او الرجل يَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا غير باع او ذِرَاع فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ  الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُها., وَإِنَّ أالرجل لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ او ذراعين فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُها. قال ادام: الا ذراع. [الحديث 6594-طرفه في 3208].
Dengan silsilah rawi sebagai berikut:
رسول الله

عبد الله

زيد بن وهب

سليمان الأعمش

شعبة

ابو الوليد هشام بن عبد الملك

البخاري
6.      صحيح البخاري
Penulis menemukan hadis yang penulis teliti dalam kitab ini pada halaman 1348 pada nomor hadis ke-7454, dengan redaksi sebagai berikut:
إِنَّ خلق أَحَدكُمْ يُجْمَعُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً و اربعين ليلة، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَه، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَه، ثُمَّ يبعث إِلَيْهِ الملك فيؤذن بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ, فيكتب:رزقه و اجله و عمله و شقي ام سعيد,ثم ينفخ فيه الروح فإن احدكم ليَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الجنة حَتَّى لا يَكُوْنُ بَيْنَهَا وبَيْنَهُ الا ذِرَاع فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ  النار فَيَدْخُلُ النار., وَإِنَّ احدكم لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْنار حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهَا وَ بَيْنَهُ إِلاَّ ذِرَاعٌ ن فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الجنة فَيَدْخُلُها. [طرفه في : 3208].
Dengan silsilah rawi sebagai berikut:
رسول الله


عبد الله بن مسعود 


زيد بن وهب


الأعمش
 

شعبة

ادم

البخاري
7.      صحيح مسلم
Penulis menemukan hadis yang penulis teliti dalam kitab ini pada halaman 662 dengan nomor hadis ke-2643, dengan redaksi sebagai berikut:
إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً ، ثُمَّ يَكُوْنُ في ذلك عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ في ذلك مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يرسل الملك فيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ ،وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ, بكتب رزقه و اجله وعمله و شقي او سعيد,فو الذي لا اله غيره  إن احدكم  لَيَعْمَلُ بعمل اهل الجنة حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَها إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ ْالكِتَاب فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُها، وَإِنَّ احدكم لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ  الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُها.
Dengan silsilah rawi sebagai berikut:

رسول الله

عبد الله
 

زيد بن وهب

الأعمش

وكيع

ابو معاوية

ابو عبد الله

محمد بن عبد الله بن نمير الهمداني

وكيع

ابو معاوية


ابو بكر بن ابي شيبة

المسلم

8.      سنن ابي داود
Penulis menemukan hadis yang penulis teliti dalam kitab ini pada السنة pada nomor hadis ke-4708 pada halaman 741. Dengan redaksi sebagai berikut:
ان خلق احدكم يجمع في بطن امه اربعين يوما ثم يكون علقة مثل ذلك ثم يكون مضغة مثل ذلك ثم يبعث الله الينا ملكا فيؤمر بأربع كلمات: فيكتب رزقه  اجله  عمله ثم يكتب شقي او سعيد  ثم ينفخ فيه الروح فاءن احدكم ليعمل بعمل اهل الجنة  حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَها إِلاَّ ذِرَاعٌ –او قيد ذراع-فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ ْالكِتَاب فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُها، وَإِنَّ احدكم لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ  الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُها.
Dengan silsilah rawi sebagai berikut:
رسول الله


عبد الله بن مسعود 


زيد بن وهب


الأعمش

سفيان

محمد بن كثير


شعبة

حفص بن عمر النمري

ابو داود
9.      سنن الترمذي
Penulis menemukan hadis yang penulis teliti dalam kitab ini, pada القدر pada halaman 53 pada nomor hadis ke-2144. Dengan redaksi sebagai berkut:
إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً ، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يرسل الله اليه الملك فيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ ،وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ يكتب رزقه و اجله وعمله و شقي او سعيد,فو الذي لا اله غيره  إن احدكم  لَيَعْمَلُ بعمل اهل الجنة حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَها إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ ْالكِتَاب فَيَختم له  بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُها، وَإِنَّ احدكم لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَختمُ له بِعَمَلِ أَهْلِ  الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُها.
Dengan silsilah rawi sebagai berikut:
رسول الله

عبد الله بن مسعود 


زيد بن وهب


الأعمش

ابو معاوية

هناد
 


الترميذي
10.  سنن ابن ماجة
Penulis menemukan hadis yang penulis teliti dalam kitab ini pada halaman 29 pada nomor hadis ke-76 pada المقدمة.
Dengan redaksi hadis sebagai berikut:
يُجْمَعُ خَلْقُهُ  احدكم فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً ، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يبعث الله إِلَيْهِ الملك ،فَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ,فيقول : اكتب عمله و رزقه و اجله و شقي او سعيد, فو الذي نفسي بيده إن احدكم  لَيَعْمَلُ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الجنة إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ ْالكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُها وَإِنَّ احدكم لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ  الْجَنَّةِ فَيَدْخُلها.
Dengan silsilah rawi sebagai berikut:
رسول الله

عبد الله بن مسعود 

زيد بن وهب


الأعمش

محمد بن عبيد

ابو معاوية


علي بن ميمون الرقي

ابو معاوية


محمد بن فضيل

وكيع



علي بن محمد
 



ابن ماجة
Penulis hanya menemukan hadis dengan derjat mutawatir ma’nawi ini hanya dalam kitab—kitab ini, sesuai intruksi dari kitab panduan penulis yang nomor dua.













BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Redaksi hadis yang penulis teliti ini penulis temukan dalam kitab hadis yang dijadikan kitab standar pelajaran pada mata pelajaran hadis di MTsS YPP Al-Barkah Gn. Tua.
Redaksi hadis tersebut penulis temukan dalam kitab-kitab shahih bukhari pada empat bab, pada kitab shahih muslim satu bab, pada kitab sunan abu daud satu bab, tirmidzi satu bab dan ibn majah satu bab.
Berdasarkan keterangan yang penulis temukan dalam kitab jami’ as-shaghir, derjat hadis ini adalah shahih.
B.     Saran
Penulis menyadari bahwa dalam penulis ini, masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari bebagai pihak demi untuk lebih baiknya pada masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar