DALIL TENTANG MENGAZANKAN BAYI
Tulisan ini berlatar belakang dari
adanya penulis medengar ceramah seorang al-Ustadz alumni Magister Hukum dan
beliau juga merupakan tokoh Muhammadiyyah yang menyampaikan “bahwa prosesi
mengazankan bayi pasca lahirnya tidak lain hanya merupakan kebudayaan
masyarakat yang tidak berdasar”.
Berangkat dari hal ini, penulis
penasaran sekaligus termotivasi untuk megetahui dan meneliti hadis yang
berkenaan dengan hal ini, apakah dalil yang penulis ketahui merupakan salah
satu hadis maudhu’ atau dha’if.
Namun setelah penulis teliti, hadis
tersebut adalah berkualitas hasan shahih, dan ber-dasarkan petunjuk
kitab mu’jam al-mufahras li alfazhi al-nabawiy hadis tersebut dimuat
dalam tiga kitab ulama besar hadis. Untuk lebih jelasnya ikuti pembahasan
berikut.
Tiga kitab yang penulis maksud
adalah:
1.
Kitab Hadis Sunan Abu Daud (Kitab Adab, Juz 4, Halaman
328, Nomor Hadis 5105)
حدثنا مسدد، ثنا يحيى عن سفيان قال: حدثني عاصم بن عبيد الله عن عبيد الله
بن أبي رافع عن أبيه، قال: رأيت رسول الله صلى الله عليه و سلم أذن في أذن الحسن
بن علي حين ولدته فاطمة بالصلاة.
Artinya:
Telah
menceritkan kepada kami Musaddad, Tsana Yahya dari Sufyan, beliau berka-ta:”Telah
Menceritakan kapadaku ‘Ashim bin ‘Ubaidillah dari ‘Ubaidillah bin Abi Rafi’
dari ayah beliau, beliau berkata: “Aku
melihat Rasulullah saw. azan seperti azan untuk Shalat di telinga Hasan Putra
‘Ali (cucu Nabi Muhammad saw.) pasca Fathimah (putri Nabi Muhamad saw.)
melahirkannya”.
(Terjemahan hadis ini fersi Bobi Gusminto)
2.
Kitab Hadis Sunan Tirmidzi (Kitab al-Adhohi, Juz
4, halaman 97, Nomor Hadis 1514)
حدثنا محمد بن بشار حدثنا
يحيى بن سعيد و عبد الرحمن بن مهدي، قالا:أخبرنا سفيان عن عاصم بن عبيد الله عن
عبيد الله بن أبي رافع عن أبيه، قال: رأيت رسول الله صلى الله عليه و سلم أذن في
أذن الحسن بن علي حين ولدته فاطمة بالصلاة.
قال أبو عيسى: هذا حديث حسن صحيح.
Artinya:
Telah menceritkan kepada kami
Muhammad bin Basysyar, telah menceirtakan kepada kami Yahya bin Sa’id dan
‘Abdurrahman bin Mahdiy, beliau berdua berkata: “Telah meberitakan kepada kami
Sufyan dari ‘Ashim bin ‘Ubaidillah dari ‘Ubaidillah bin Abi Rafi’ dari ayah
beliau, beliau berkata: “Aku melihat
Rasulullah saw. azan seperti azan untuk Shalat di telinga Hasan Putra ‘Ali
(cucu Nabi Muhammad saw.) pasca Fathimah (putri Nabi Muhamad saw.)
melahirkannya”.
Abu ‘Isa berkata: Kualitas Hadis
ini adalah Hasan Shahih.
(Terjemahan hadis ini versi Bobi
Gusminto)
3.
Kitab Hadis Musnad Ahmad Bin Hanbal
a.
Juz 6, halaman 9
حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا يحيى و عبد الرحمن
عن سفيان عن عاصم بن عبيد الله عن عبيد الله بن أبي رافع عن أبيه، قال: رأيت رسول
الله صلى الله عليه و سلم أذن في أذني الحسن بن علي حين ولدته فاطمة بالصلاة.
Artinya:
Telah menceritkan kepada kami ‘Abdullah, telah mencertikan
kepadaku Abu Tsana Yahya dan ‘Abdurrahman dari Sufyan dari ‘Ashim bin
‘Ubaidillah dari ‘Ubaidillah bin Abi Rafi’ dari ayah beliau, beliau berkata: “Aku melihat Rasulullah saw. azan seperti
azan untuk Shalat di telinga Hasan Putra ‘Ali (cucu Nabi Muhammad saw.) pasca
Fathimah (putri Nabi Muhamad saw.) melahirkannya”.
(Terjemahan hadis ini
versi Bobi Gusminto)
b.
Juz 6, halaman 391
حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا وكيع قال ثنا سفيان عن
عاصم بن عبيد الله عن عبيد الله بن أبي رافع عن أبيه، قال: أن النبي صلى الله عليه
و سلم أذن في أذن الحسن بن علي حين ولدته فاطمة.
Artinya:
Telah menceritkan kepada kami ‘Abdullah, telah
menceritakan kepadaku Abu Tsana Waki’, beliau berkata: Tsana Sufyan dari ‘Ashim
bin ‘Ubaidillah dari ‘Ubaidillah bin Abi Rafi’ dari ayah beliau, beliau
berkata: “Bahwasanya Nabi saw. azan di
telinga Hasan Putra ‘Ali (cucu Nabi Muhammad saw.) pasca Fathimah (putri Nabi
Muhamad saw.) melahirkannya”.
(Terjemahan hadis ini versi Bobi Gusminto)
c.
Juz 6, halaman 392
حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا يحيى بن سعيد عن
سفيان عن عاصم بن عبيد الله عن عبيد الله بن أبي رافع عن أبيه، قال: رأيت رسول
الله صلى الله عليه و سلم أذن في أذن الحسن بن علي يوم ولدته بالصلاة.
Artinya:
Telah menceritkan kepada kami ‘Abdullah, telah mencertikan
kepadaku Abu Tsana Yahya bin Sa’id dari
Sufyan dari ‘Ashim bin ‘Ubaidillah dari ‘Ubaidillah bin Abi Rafi’ dari ayah
beliau, beliau berkata: “Aku melihat
Rasulullah saw. azan seperti azan untuk Shalat di telinga Hasan Putra ‘Ali
(cucu Nabi Muhammad saw.) pasca kelahirannya”.
(Terjemahan hadis
ini versi Bobi Gusminto)
Adapun hikmah dari
disyari’atkannya mengazankan bayi pasca kelahirannya adalah sebagai berikut
(Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dalam Bekal Ramadhan Untuk Da’i, Azhariah
Fatia, M.A., halaman 281):
1.
Suara pertama yang didengar oleh sang bayi
adalah kalimat-kalimat Allah.
2.
Dapat mengusir syetan yang selalu berusaha untuk
menanamkan penga-ruhnya.
3.
Memberikan basis da’wah.
Sekian,
semoga bermanfa’at dan terima kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar