Rabu, 31 Desember 2014

dalil tentang mengazankan bayi



DALIL TENTANG MENGAZANKAN BAYI

            Tulisan ini berlatar belakang dari adanya penulis medengar ceramah seorang al-Ustadz alumni Magister Hukum dan beliau juga merupakan tokoh Muhammadiyyah yang menyampaikan “bahwa prosesi mengazankan bayi pasca lahirnya tidak lain hanya merupakan kebudayaan masyarakat yang tidak berdasar”.
            Berangkat dari hal ini, penulis penasaran sekaligus termotivasi untuk megetahui dan meneliti hadis yang berkenaan dengan hal ini, apakah dalil yang penulis ketahui merupakan salah satu hadis maudhu’ atau dha’if.
            Namun setelah penulis teliti, hadis tersebut adalah berkualitas hasan shahih, dan ber-dasarkan petunjuk kitab mu’jam al-mufahras li alfazhi al-nabawiy hadis tersebut dimuat dalam tiga kitab ulama besar hadis. Untuk lebih jelasnya ikuti pembahasan berikut.
            Tiga kitab yang penulis maksud adalah:
1.      Kitab Hadis Sunan Abu Daud (Kitab Adab, Juz 4, Halaman 328, Nomor Hadis 5105)
حدثنا مسدد، ثنا يحيى عن سفيان قال: حدثني عاصم بن عبيد الله عن عبيد الله بن أبي رافع عن أبيه، قال: رأيت رسول الله صلى الله عليه و سلم أذن في أذن الحسن بن علي حين ولدته فاطمة بالصلاة.
           Artinya:
            Telah menceritkan kepada kami Musaddad, Tsana Yahya dari Sufyan, beliau berka-ta:”Telah Menceritakan kapadaku ‘Ashim bin ‘Ubaidillah dari ‘Ubaidillah bin Abi Rafi’ dari ayah beliau, beliau berkata: “Aku melihat Rasulullah saw. azan seperti azan untuk Shalat di telinga Hasan Putra ‘Ali (cucu Nabi Muhammad saw.) pasca Fathimah (putri Nabi Muhamad saw.) melahirkannya”.
(Terjemahan hadis ini fersi Bobi Gusminto)

2.      Kitab Hadis Sunan Tirmidzi (Kitab al-Adhohi, Juz 4, halaman 97, Nomor Hadis 1514)
حدثنا محمد بن بشار حدثنا يحيى بن سعيد و عبد الرحمن بن مهدي، قالا:أخبرنا سفيان عن عاصم بن عبيد الله عن عبيد الله بن أبي رافع عن أبيه، قال: رأيت رسول الله صلى الله عليه و سلم أذن في أذن الحسن بن علي حين ولدته فاطمة بالصلاة.
قال أبو عيسى: هذا حديث حسن صحيح.
Artinya:
Telah menceritkan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceirtakan kepada kami Yahya bin Sa’id dan ‘Abdurrahman bin Mahdiy, beliau berdua berkata: “Telah meberitakan kepada kami Sufyan dari ‘Ashim bin ‘Ubaidillah dari ‘Ubaidillah bin Abi Rafi’ dari ayah beliau, beliau berkata: “Aku melihat Rasulullah saw. azan seperti azan untuk Shalat di telinga Hasan Putra ‘Ali (cucu Nabi Muhammad saw.) pasca Fathimah (putri Nabi Muhamad saw.) melahirkannya”.
Abu ‘Isa berkata: Kualitas Hadis ini adalah Hasan Shahih.
(Terjemahan hadis ini versi Bobi Gusminto)

3.      Kitab Hadis Musnad Ahmad Bin Hanbal
a.       Juz 6, halaman 9
حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا يحيى و عبد الرحمن عن سفيان عن عاصم بن عبيد الله عن عبيد الله بن أبي رافع عن أبيه، قال: رأيت رسول الله صلى الله عليه و سلم أذن في أذني الحسن بن علي حين ولدته فاطمة بالصلاة.
Artinya:
Telah menceritkan kepada kami ‘Abdullah, telah mencertikan kepadaku Abu Tsana Yahya dan ‘Abdurrahman dari Sufyan dari ‘Ashim bin ‘Ubaidillah dari ‘Ubaidillah bin Abi Rafi’ dari ayah beliau, beliau berkata: “Aku melihat Rasulullah saw. azan seperti azan untuk Shalat di telinga Hasan Putra ‘Ali (cucu Nabi Muhammad saw.) pasca Fathimah (putri Nabi Muhamad saw.) melahirkannya”.
(Terjemahan hadis ini versi Bobi Gusminto)
b.      Juz 6, halaman 391
حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا وكيع قال ثنا سفيان عن عاصم بن عبيد الله عن عبيد الله بن أبي رافع عن أبيه، قال: أن النبي صلى الله عليه و سلم أذن في أذن الحسن بن علي حين ولدته فاطمة.
Artinya:
Telah menceritkan kepada kami ‘Abdullah, telah menceritakan kepadaku Abu Tsana Waki’, beliau berkata: Tsana Sufyan dari ‘Ashim bin ‘Ubaidillah dari ‘Ubaidillah bin Abi Rafi’ dari ayah beliau, beliau berkata: “Bahwasanya Nabi saw. azan di telinga Hasan Putra ‘Ali (cucu Nabi Muhammad saw.) pasca Fathimah (putri Nabi Muhamad saw.) melahirkannya”.
(Terjemahan hadis ini versi Bobi Gusminto)

c.       Juz 6, halaman 392
حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا يحيى بن سعيد عن سفيان عن عاصم بن عبيد الله عن عبيد الله بن أبي رافع عن أبيه، قال: رأيت رسول الله صلى الله عليه و سلم أذن في أذن الحسن بن علي يوم ولدته بالصلاة.
Artinya:
Telah menceritkan kepada kami ‘Abdullah, telah mencertikan kepadaku Abu Tsana Yahya bin Sa’id  dari Sufyan dari ‘Ashim bin ‘Ubaidillah dari ‘Ubaidillah bin Abi Rafi’ dari ayah beliau, beliau berkata: “Aku melihat Rasulullah saw. azan seperti azan untuk Shalat di telinga Hasan Putra ‘Ali (cucu Nabi Muhammad saw.) pasca kelahirannya”.
(Terjemahan hadis ini versi Bobi Gusminto)

Adapun hikmah dari disyari’atkannya mengazankan bayi pasca kelahirannya adalah sebagai berikut (Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dalam Bekal Ramadhan Untuk Da’i, Azhariah Fatia, M.A., halaman 281):
1.      Suara pertama yang didengar oleh sang bayi adalah kalimat-kalimat Allah.
2.      Dapat mengusir syetan yang selalu berusaha untuk menanamkan penga-ruhnya.
3.      Memberikan basis da’wah.

Sekian, semoga bermanfa’at dan terima kasih



Tidak ada komentar:

Posting Komentar